Tutorial Memulai CST- project baru Untuk antena mikrostrip


Tutorial Memulai CST- Project baru Untuk Antena Mikrostrip merupakan suatu langkah-langkah yang berisikan secara detail pagaimana cara membuka dan menseting software CST khusus untuk antena mikrostrip. Dalam tutorial ini tidak membahas bagian matematis seting karena sudah di bahas pada bagian yang lain dari blog ini. Syarat untuk mengikuti tutorial ini di harapkan pembaca sudah menginstal software CST studio suite di atas versi 2014, namun jika belum tidaklah masalah karena pada dasrnya hampir sama. Namun jika memiliki lisensi CST asli maka Software ini akan menerima updatenya sehingga jika menggunakan software CST yang update maka akan mempermudah dalam melakukandesain secara digital maupun melakukan optimasi.
1. Buka aplikasi CST Microwave Studio untuk memulai kemudian pilih Create Project

Tutorial Memulai CST Studio Suite
Gambar 1. Pilih Create Project
      2.  Kemudian akan muncul jendela Create a New Templete. Pilih MW & RF & Optical kemudian pilih Antennas lalu Next
Tutorial Memulai CST Studio Suite
Gambar 2. Antennas
     3.  Kemudian akan muncul jendela Create a New Templete lagi please select a workflow kemudian pilih Planar (Patch, Slot, etc.) lalu Next. Antena mikrostrip merupakan perkembangan dari antena planar yang memiliki bentuk yang kecil dan mobilitas yang cukup baik sehingga yang di pilih untuk desain antena planar. Jika bertujuan untuk mendesain antena yang lain silahkan memilih salah satu jenis antena yang lain seperti antena kawat/dipol bisa memilih wire, jika membuat antena horn atau wave gude silahkan memilih waveguide(Horn, cone.etc) dst.
 Tutorial Memulai CST Studio Suite
Gambar 3. Planar (Patch, Slot, etc.)
     4. Kemudian akan muncul jendela Create a New Templete lagi The recommended solver kemudian pilih Time Domain lalu Next. Domain yang dipilih untuk antena mikrostrip yaitu time domain karena antena yang akan di desain yang paling utama bertujuan untuk memenuhi parameter antena desain yaitu antena yang memiliki bandwidth tertentu dan lengkap untuk parameter dasar yang lain.
Tutorial Memulai CST Studio Suite
Gambar 4. Time Domain
     5. Kemudian akan muncul jendela Create a New Templete lagi please select the units kemudian pilih sesuai dengan gambar 5 lalu Next. select the units maksudnya pilih dan tentukan satuan ukur setiap dimensi dan parameter baik antena maupun parameter antena misal Dimension = Satuan dimensi adntena, Frekuency = Satuan frekuensi kerja antena, Time = Satuan waktu untuk system running antena di CST.dst.
Tutorial Memulai CST
Gambar 5. Time Domain
     6. Kemudian akan muncul jendela Create a New Templete lagi please select the Setting kemudian isikan frekuensi maksimum dan minimumnya sesuai gambar dengan gambar 6 lalu Next. Dalam menentukukan frekuensi minimum dan maksimum perlu di perhatikan tujuan pembuatan antena atau perhitungan matematis sebelum melekukan desain secara digital agar sesuai dengan tujuan pembuatan antena dan memudahkan melihat hasil simulasi. Untuk pengisian monitors bisa di disikan setelah selesai desain dimensi antena di CST dan sebelum running simulasi.
Tutorial Memulai CST
Gambar 6. Frequency Setting
     7. Kemudian akan muncul jendela Create a New Templete lagi kemudian jika semua sudah sesuai dengan yang di isikan pada step sebelumnya lalu klik finish. Pada bagian ini kita bisa mengisikan nama project yang akan kita buat di Template name.

Tutorial Memulai CST Studio Suite
Gambar 7. Frequency Setting

    8. Kemudian akan muncul lembar kerja baru CST Microwave Studio untuk membuat antenna mikrostrip yang lengkap dengan boundery nya. Boundery jika dilihat di software akan terlihat  seperti bangun kotak kosong namun itu merupakan temapat untuk melakukan pembuatan projet antena dan memliki fungsi sebagai simulasi kanal/ruang antena bertempat jika di masukkan di dalam kondisi nyata.
Tutorial Memulai CST Studio Suite

Gambar 8. lembar kerja baru CST Microwave Studio
       9. Mulailah melakukan desain di dalam boundry.

Demikian Tutorial Memulai CST- project baru Untuk antena mikrostrip, Semoga bermanfaat.


Untuk Mengutip Artikel Ini Silahkan Gunakan Referensi Berikut
IEEE : [1] I. Mujahidin, “Tutorial Memulai CST- project baru Untuk antena mikrostrip,” http://antenapropagasi.blogspot.com/2016/02/tutorial-memulai-cst-project-baru-untuk.html. 2018.



APA (Mujahidin 2018) :

Mujahidin, I. 2018. “Tutorial Memulai CST- Project Baru Untuk Antena Mikrostrip.” http://antenapropagasi.blogspot.com/2016/02/tutorial-memulai-cst-project-baru-untuk.html.

 Referensi



1 comment:

  1. untuk membuat corrugated horn antenna apa ada tutorialnya?
    Terima kasih

    ReplyDelete

Pages